Saya memasuki hari kedua di Hong Kong. Kami akan bertemu dengan orang-orang di balik kesuksesan MTR Hong Kong dan menggali sebanyak-banyaknya pengetahuan dari mereka. Orang-orang yang saya maksud adalah Presiden dari MTR Academy, Dekan dari MTR Academy, Direktur Operasi, dan Kepala dari MTR Town Planning. Setelah itu, kami juga akan mengunjungi kawasan TOD dan depo di Kowloon Bay, serta mengikuti acara penutupan “Railway Professional Program”. Dimulai sejak pukul 8 pagi hingga 6 sore, saya melihat dan belajar banyak hal baru terkait pengelolaan MTR Hong Kong. Untuk info lebih lengkap anda bisa membacanya di  Daftar Poker IDN 

Transfortasi Publik Berkelas

Pertemuan pertama adalah dengan Presiden dari MTR Academy, Morris Cheung. Ia memberikan banyak informasi tentang perkembangan MTR dari fase awal beroperasi sekitar tahun 1979 hingga saat ini. Sekadar informasi, Morris mulai bergabung dengan MTR sejak 1983 dan mulai duduk di Board of Directors pada tahun 2012.

Transfortasi MTR

Ia menceritakan bahwa sejak awal MTR memang sudah didesain untuk tujuan komersial. Modal pertama diperoleh dari suntikan pemerintah dan dalam bentuk “development right“. Ini yang membuat MTR dapat menutupi biaya operasionalnya dan mengembangkan bisnis secara berkelanjutan. Konsep integrasi antara bisnis perkeretaapian (railway) dan properti adalah model yg berhasil menjadikan MTR sebagai perusahaan kelas dunia saat ini.