Mengunjungi Pantai Batu Hiu

Kali ini kami dari http://139.99.16.2/ akan memberikan sedikit informasi mengenai tempat wisata yang keren dan seru untuk Anda. Pantai menjadi salah satu obyek wisata yang paling disukai oleh sebagian besar masyarakat di dunia. Sedangkan Indonesia sendiri menjadi negara yang memiliki garis pantai cukup panjang, sehingga terdapat limpahan potensi wisata bahari. Meskipun begitu, dari semua obyek wisata pantai di tanah air, masih banyak tempat yang belum terungkap keberadaannya.

Oleh karena itulah, kita patut melestarikan segala obyek wisata yang sudah ada. Bila Anda kebetulan sedang jalan-jalan di daerah Ciamis, Jawa Barat, ada satu lokasi wisata yang wajib dikunjungi. Namanya adalah Pantai Batu Hiu. Pantai yang terletak di sebelah selatan Pulau Jawa ini langsung berbatasan dengan Samudera Hindia. Banyak yang mengatakan bahwa pantai ini sebagai ‘Tanah Lot’nya Jawa Barat, karena memang tampilannya mirip.

Legenda Pantai Batu Hiu

Cerita tentang nama Pantai Batu Hiu tak lepas dari legenda pada jaman dahulu. Berdasarkan keterangan yang dipaparkan oleh warga sekitar, sekitar abad 11 lalu terdapat pasukan yang dibuang dari Kerajaan Mataram. Pasukan tersebut dikomandani oleh dua orang bernama Aki Gede dan Nini Gede. Mereka semua pergi dari tanah asalnya, yang kemudian sampailah di daratan Pantai Batu Hiu melalui jalur laut.

Setibanya di daratan, mereka memutuskan untuk beristirahat dan tinggal di daerah perbukitan di sekitar pantai. Suatu hari, Nini Gede menyuruh pasukannya untuk mencari makanan bagi mereka. Salah seorang pasukan yang bernama Ki Braja Lintang mempunyai inisiatif untuk mencari makanan di pantai. Akhirnya dia berhasil menangkap seekor Hiu. Setelah Aki Gede dan Nini Gede mengetahui hasil tangkapannya, mereka justru mengatakan pada Ki Braja Lintang untuk mengembalikan ikan tersebut ke lautan. Saat Ki Braja Lintang melepaskannya, ikan Hiu tersebut berubah wujud menjadi batu hitam cukup besar.