Teknik Dalam Melakukan Servis Tangan Bawah Permainan Bola Voli

988BET – Kamu tentu dapat melakukan servis underhand dengan mudah. Untuk melakukannya, berdirilah dengan posisi melangkah. Kaki depanmu berlawanan dengan tanganmu yang akan memukul. Sejajarkan bahumu dengan net. Peganglah bola setinggi pinggang. Gerakkan bola itu perlahan ke tengah dari kaki depanmu.Berat badanmu harus terbagi seimbang di kedua kaki. Tanganmu yang akan memukul mengayun ke arah belakang setinggi pinggang.

Lalu, ke depan untuk memukul bola. Ketika kamu mengayunkan tangan, pindahkan berat badanmu dari kaki belakang ke kaki depan. Lepaskan bola dari tanganmu sesaat sebelum memukul bola Ayunkan tanganmu yang memukul bola ke depan dan menuju ke atas net. Pukullah bola dengan tangan terbuka. Pergelangan tanganmu memukul di belakang bola tepat di bawah bagian tengahnya. Perhatikan arah lintasan bola dan bersiaplah untuk gerakan lanjutan.

2. Servis Mengambang (Overhand Floater)

Mengapa servis ini disebut servis mengambang? Karena bola yang dipukul bergerak ke kiri-ke kanan dan ke atas-ke bawah saat melintasi net. Hal ini terjadi karena bola dipukul tanpa berputar. Mengapa demikian? Karena putaran membuat bola stabil di udara. Maka jika tanpa putaran, bola akan tampak bergerak dan meloncat Pukulan merupakan hal terpenting dalam melakukan servis mengambangini. Untukmelakukannya,berdirilah dengan posisi melangkah pendek dan bahu sejajar net. Kaki dan tangan yang tidak melakukan pukulan berada di depan. Bagilah berat badanmu seimbang.

Kemudian, tariklah lenganmu ke belakang dengan sikut ke atas untuk memukul bola. Tangan berada di dekat telinga. Ketika mengayunkan lengan ke arah bola, pusatkan perhatianmu pada bola. Pukullah bola dengan tumit telapak tanganmu terbuka pada bagian belakang-tengah bola. Pukullah bola sambil mendorongnya tanpa atau dengan melakukan sedikit gerakan lanjutan.
Selanjutnya, pindahkan berat badanmu ke kaki depan saat kamu mengayunkan tangan ke arah bola. Teruskan dengan bergerak maju dan bersiap dalam posisi bertahan. Agar servis ini berhasil, hindari gerakan yang tidak diperlukan, misalnya langkah tambahan atau gerakan lanjutan.

===============