Pesona Indahnya Danau Tiga Warna Kelimutu di Pulau Flores

Pada kali ini kami 139.99.16.20/waletbet.com akan menyampaikan indahnya¬† danau yang terkenal dengan nama Danau Tiga Warna atau Danau kelimutu. Danau yang terletak di puncak Gunung Kelimutu ini masuk dalam rangkaian “Taman Nasional Kelimutu”. Ketinggiannya mencapai 1.631 meter dari permukaan laut.

Beberapa flora yang dapat ditemui di sekitar danau antara lain kesambi (schleichera oleosa), cemara (casuarina equisetifolia), dan edelweiss. Sedangkan fauna yang ada di sekitar danau, antara lain rusa (cervus timorensis), babi hutan (sus sp.), ayam hutan (gallus gallus), dan elang (elanus sp.).

Pesona Indahnya Danau Tiga Warna Kelimutu di Pulau Flores

Danau Kelimutu mempunyai 3 kubangan raksasa. Masing-masing kubangan mempunyai warna air yang selalu berubah tiap tahunnya. Air di salah satu tiga kubangan berwarna merah dan dapat menjadi hijau tua serta merah hati, di kubangan lainnya berwarna hijau tua menjadi hijau muda, dan di kubangan ketiga berwarna cokelat kehitaman menjadi biru langit.

Danau Kelimutu terletak di 3 kecamatan, yakni Kecamatan Detsuko, Kecamatan Wolowaru, dan Kecamatan Ndona, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pesona Indahnya Danau Tiga Warna Kelimutu di Pulau Flores

Menempuh Indahnya Danau Tiga Warna Kelimutu di Pulau Flores

Dari Kupang, Anda dapat menggunakan pesawat menuju kota Ende, di Pulau Flores, dengan waktu tempuh mencapai 40 menit. Setiba di Ende, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan mini bus, menuju Desa Kaonara yang berjarak 93 kilo dengan waktu tempuh 3 jam.

Dari Desa Koanara menuju Puncak danau, Anda harus berjalan sepanjang 2,3 kilo. Tiket masuk ke objek wisata ini sebesar Rp. 3000 per orang dan pada akhir pekan sebesar Rp. 5000. Karena menjadi salah satu objek wisata andalan bagi pemerintah setempat, maka fasilitas di sekitar danau diperhatikan.

Terdapat pondok jaga, shelter, MCK, kapasitas lahan parkir yang mampu menampung sekitar 20 mobil, serta beberapa losmen kecil bagi Anda yang hendak menginap.