988poker.me – Setelah membuat itinerary, mempersiapkan selanjutnya adalah menyiapkan perlengkapan traveling seteliti mungkin. Data dulu barang apa saja yang akan kita bawa, jadi kita bisa mengabsen barang yang akan kita bawa kompilasi akan berangkat.

Dalam catatan itu, dahulukan perlengkapan Bepergian yang utama, baru yang penting sekunder. Ingat, jangan dipaksa masuk perlengkapan sekunder jika tas kita sudah tidak muat. Jika tidak, kita sendiri yang akan kerepotan di negri orang.

Saya selalu membuat daftar barang yang utama dan wajib dibawa pergi bepergian negri. Satu demi satu yang harus kita pertahankan adalah kehilangan, panik, dan berujung pada ke-bete-yang mengurangi kenikmatan dalam pertempuran. Semisal hal sepele seperti pengisi daya HP yang kelupaan di kamar karena sebelum berangkat dipakai untuk nge-charger dulu.

Sampai di luar negri baterai HP kita habis dan kita kebingunan mengobrak-abrik sisi tas berharap keajaiban akan datang, padahal dalam pikiran kita setengah sedar jika charger tersebut ditampilkan di kamar.