Metode Pengajaran Teknik Dalam Sepak Bola

Cara mengajarkan teknik dan keterampilan bersepak bola tidak jauh berbeda dengan cara mengajarkan keterampilan psikomotorik lainnya. Berikan contoh dan peragaan bagi para pemain setelah anda menjelaskan dalam sebuah format pengajaran yang sederhana, yang terdiri atas pengantar, isi dan kesimpulan. Kepada mereka jelaskanlah materi apa yang akan mereka pelajari hari itu, berikan peragaan teknik, lalu mintalah mereka melakukan peragaan untuk memperaktikkannya.

Agar pemain benar – benar belajar dan paham, jelaskan, tunjukan caranya, dan berikan mereka kesempatan untuk memperaktikkannya. Berikut kami Judi Online tunjukan format yang mudah anda gunakan. namun mohon diingat pada umumnya pemain – pemain berusia dini masih sulit untuk berkonsentrasi atau menyimak penjelasan yang panjang lebar. Jangan menghabiskan waktu terlalu lama untuk menceramahi mereka.

Metode Pengajaran Teknik Dalam Sepak Bola

Pengantar Pertama

Beri tahukan kepada para pemain tentang teknik atau keterampilan yang akan anda ajarkan, dan berikan alasan kepada mereka mengapa itu harus di pelajari dan dilakukan, dan apa saja manfaatnya bagi para pemain.

Penanaman Konsep Dasar Bagi Para Pemain

Terangkan kepada para pemain tentang teknik atau keterampilan yang akan mereka pelajari.

Metode Pengajaran Teknik Dalam Sepak Bola

Peragakan teknik atau keterampilan yang harus mereka kuasai atau praktikkan.

Perintahkan agar para pemain memperaktikkan keterampilan atau teknik tersebut. Selagi mereka berlatih, berikan komentar seperlunya agar mereka dapat melaksanakannya dengan lebih baik dan benar. Anda dapat memberi aba – aba seperti ‘ terus ‘, ‘ jangan berhenti ‘, atau yang lebih komplek, misal ‘ gelindingkan bola dengan kakimu, jangan di tendang’.

Selama latihan, berjalanlah mengelilingi para pemain dan berikan koreksi secara spesifik sambil terus menyemangati mereka. Anda dapat memompa semangat mereka dengan memberikan komentar seperti ini, ‘itu bagus, tapi kalau kalian melakukan dengan cara begini, pasti lebih mudah’. Jika pemain berhasil melakukannya dengan benar, anda dapat memberikan pujian, ‘bagus sekali, sempurna’, atau ‘hebat!!’ dan jangan lupa menyebut nama mereka.

Latihan Berulang – Ulang

Perintahkan pemain mengulang teknik atau keterampilan yang anda ajarkan sebanyak yang di perlukan agar mereka benar – benar menguasainya.

Kesimpulan

Berikan sedikit evaluasi tentang hasil latihan para pemain, dan jangan lupa lakukan koreksi – koreksi yang diperlukan.