Berwisata Bersama Keluarga Di Kebun Raya Cibodas

Kali ini kami dari http://139.99.16.2/ akan memberikan Anda sedikit informasi mengenai tempat wisata di Bogor. Kabupaten Cianjur adalah kota kecil di kawasan Jawa Barat yang memiliki keindahan tersembunyi. Hanya ada beberapa nama wisata saja yang sudah di kenal oleh Anda, Tetapi, tidak semua mengenal kawasan wisata yang indahnya luar biasa tidak kalah dengan pariwisata popular yang sudah mempunyai nama.

Kebun Raya Cibodas, nama ini mungkin masih terdengar sedikit asing. Berbeda dengan kebun raya Bogor yang namanya terangkat karena berdekatan dengan Istana Bogor yang saat ini sering digunakan oleh presiden. Ada yang unik dan menarik di kawasan ini yang wajib untuk diketahui dan wajib untuk dikunjungi.

Mengenal Kebun Raya Cibodas

Nama kebun raya cibodas sebenarnya sudah mempunyai nama sejak zaman dahulu. Bahkan, ilmuwan mancanegara pun mengakui bila kebun raya ini adalah firdausnya Asia. Seperti diketahui, Firdaus adalah salah satu nama dari surga yang terkenal dengan sangat indah. Kebun raya ini berada di kaki Gunung Gede pangrango dengan ketinggian kurang lebih 1.275 mdpl. Dengan suhu kurang lebih 17 – 27 derajat celcius. Menurut catatan sejarah, kawasan ini didirikan oleh Johanes Elias Teijsman seorang botani yang berasal dari Belanda.

Awalnya, tempat ini di buka untuk menanam pohon kina. Tetapi, Kina tidak bisa hidup di kawasan yang mempunyai curah hujan 2.380 mm per tahun/ Sehingga, kawasan ini pun dirubah dan fokus untuk menanam tumbuhan dataran tinggi basah tropika. Seperti, tumbuhan runjung dan paku-pakuan. Pohon kina yang datang pada tanggal 11 april 1852 ini dijadikan sebagai hari lahirnya kebun raya cibodas. Dan setiap tanggal 11 april ini Anda bisa berkunjung ke sini dan masuk dengan gratis.

Daya Tarik

Anda bisa melihat begitu banyak jenis pepohonan dan tanaman yang hidup dan menghadirkan sebuah pesona yang sangat menarik. Ada sekitar 1.206 jenis tanaman hidup yang bisa dilihat. Jumlah yang tidak sedikit untuk kawasan kebun raya ini. Ada sekitar 350 jenis kaktus dan 360 tanaman anggrek yang sangat mempesona mata. Keindahannya seperti sebuah gitar spanyol yang mampu menggoda setiap orang yang melihatnya. Berada di sebuah ruangan kaca yang menjadi wilayah konservasi bagi tanaman-tanaman ini.