Kalian pasti sering menonton sambil bermain sepak bola. Tapi tahukah, bagaimana sepatu sepakbola bermula? 988poker.me akan membahas asal mulanya sepatu sepak bola kali ini. Langsung saja disimak:

Asal Mula Sepatu Sepak Bola

Sepatu bola adalah salah satu yang harus diperhatikan oleh seorang pemain sepak bola, Karena sepatu bola adalah salah satu yang menentukan pemain bola. Dan asal kamu tahu, gunakan sepatu sepakbola yang punya sejarah dan asal usul yang panjang.

Dulu di masa awal sepakbola diperkenalkan di Inggris (sekitar abad ke 18), pemain bola boleh memakai sepatu jenis apa pun di lapangan. Sepatu dengan alas polos dan sering dipakai untuk kerja pun diizinkan. Sepatu wanita dengan hak agak tinggi bahkan pernah digunakan lelaki di lapangan hijau.

Kemudian, keluarlah dari peraturan FIFA pada tahun 1863. Salah satunya berbunyi, “yang tidak bisa dipakai paku menonjok, lempengan besi, atau getah karet pada sol sepatunya diizinkan dimainkan”. Peraturan itu memunculkan gairah tukang sepatu di Inggris dan Eropa untuk membuat sepatu khusus sepak bola. Sebelum industri massal dimulai, tukang sepatu lebih memilih skala rumah tangga.

Hasil gambar untuk gebruder dassler schuhfabrik

Pada 1895, Joe dan Jeff Foster mendirikan JW Foster dan Sons di Bolton, Inggris, sebelum akhirnya menjadi Reebok pada 1958. Sejak Januari 1905, Herman Jansen membuat toko sekaligus bengkel sepatudi di Kota Hengelo, Provinsi Gelderland, Belanda timur. Pada tahun yang sama, muncul pula pembuat sepatu Bola di Inggris.

Industri sepatu kian menggeliat adik-adik Adolf dan Rudolf Dassler memulai pabrik dengan nama Gebruder Dassler Schuhfabrik pada 1924. Dua bersaudara itu akhirnya pecah kongsi pada 1947. Adolf membuat Adidas dan Rudolf mengeluarkan Puma.

Mulai tahun 1910-an, sepatu dengan nama Spesial Final Piala mendunia berkat “gigi-gigi” kayu di bagian bawah agar pemain mudah mencengkramkan keterlibatan ke tanah. Ujung sepatu dibuat dengan pola anyaman agar pemain mudah bergerak saat mengontrol bola. Bentuk gigi seperti tabung dengan tiga paku kecil berujung tajam. Pemain harus memakukan “kuku” itu ke sol dengan palu kecil.

Hasil gambar untuk gebruder dassler schuhfabrik

Ukuran gerigi lebih panjang untuk bermain di lapangan becek agar tidak mudah terpeleset. Salah satu tugas wasit dan asistennya adalah mengecek sol sebelum pemain masuk ke lapangan. Jika gigi sepatu terlalu tajam dan menonjol. pemain tak diizinkan masuk.

Asal Mula Sepatu Sepak Bola

Sepatu-sepatu masa lalu dibuat dari bahan kulit tipis tapi berat. Modelnya terdiri lars panjang atau boot agar bisa membebaskan engkel pemain dari sepakan lawan. Sepatu baru umumnya keras dan kaku sehingga membuat kaki pemainnya terluka. Agar lebih lentur dan enak dipakai, sepatu direndam dulu selama beberapa jam sebelum dikenakan, lalu dijemur untuk agar cadangan udara tidak menjadi anggota sepatu.