Air Terjun Saluopa di Sulawesi Tengah Yang Indahnya Memukau

Air Terjun Saluopa di Sulawesi Tengah Yang Indahnya Memukau

Air Terjun Saluopa merupakan salah satu obyek wisata Sulawesi Tengah yang cukup terkenal di pulau Sulawesi karena keindahan alamnya yang memukau wisatawan. Wisatawan lokal maupun mancanegara yang kerap mengunjungi tempat ini, bahkan menyebutkan jika air Terjun Saluopa ini sebagai salah satu air terjun terbaik yang ada di Indonesia. Air Terjun Saluopa terletak di Desa Tonusu, Pamona Utara, Poso, Sulawesi Tengah.

Air terjun ini juga dijuluki dengan sebutan Air Luncur Saluopa. Karena Air Terjun Saluopa memiliki sumber mata air dari pegunungan setempat yang airnya meluncur deras dari puncak gunung dengan ketinggian sekitar 25 meter. Air Terjun Saluopa ini terlihat sangat cantik dan termasuk unik karena memiliki 12 tingkatan dan di setiap tingkatannya tersebut membentuk sebuah kolam kecil yang juga dapat digunakan oleh Anda untuk berenang atau sekedar berendam, serta tangga batu yang dapat dinaiki oleh Anda karena batu-batu tersebut tidak licin.

Air Terjun Saluopa ini memiliki air yang sangat jernih dan bersih sehingga batu-batuan yang di lewati oleh aliran air terjun akan terlihat dengan sangat jelas. Untuk tangga yang terbuat dari batu, walaupun sudah terkena air hujan dan sudah berlumut tetapi tangga tersebut tidaklah licin sehingga masih bisa di pergunakan sebagai akses untuk menuju pada tingkatan-tingkatan air terjun.

Selain di pergunakan sebagai akses menuju tingkatan-tingkatan air terjun, tangga yang terbuat dari batu tersebut juga bisa anda manfaaatkan untuk berfoto. Terkandang diantara air terjun muncul pelangi yang sangat indah dan momen tersebut bisa anda manfaatkan sebagai latar belakang foto.

Air Terjun Saluopa di Sulawesi Tengah Yang Indahnya Memukau

Air Terjun Ini Memiliki Air yang Sangat Jernih dan Bersih

Selain itu, di sekitar lokasi air terjun ini anda akan temukan beraneka ragam fauna, juga menikmati panorama alam berupa hutan tropis yang sangat indah dan masih asri dengan udara yang segar. Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman yang cukup selama berkunjung ke Air Terjun Saluopa ini. Selain itu Anda jangan lupa juga membawa berbagai perlengkapan wisata yang dibutuhkan. Anda juga harus ikut menjaga kelestarian lingkungan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat dan juga tidak berbagai fasilitas yang ada.

Lokasi Air Terjun Saluopa sangat mudah sekali diakses. Tempat wisata ini berada tidak begitu jauh dengan Kota Tentena atau lebih tepatnya di sebelah barat Kota Tentena dengan jarak kurang lebih sekitar 12 km. Anda bisa menempuh perjalanan ke Air Terjun Saluopa dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Setelah sampai di lokasi, Anda masih harus melanjutkan perjalanan untuk sampai di air terjun. Jarak yang Anda tempuh kurang lebih hanya sekitar 500 meter saja.

Mengunjungi Saluopa ibarat sebuah perjalanan pencarian harta karun, lokasi dari Air Terjun Saluopa yang berada di dalam hutan tropis mengharuskan Anda untuk berjalan ke dalam hutan menuju lokasi dimana air terjun berada. Selama perjalanan menuju lokasi, Anda dapat menikmati suasana hutan tropis dengan pepohonan yang lebat dan juga suara-suara alam yang dihasilkan para binatang yang hidup disini. Demikianlah berita yang dapat kami 988poker.me sampaikan kepada anda dan semoga berita dan info ini bisa bermanfaat bagi anda.

Air Terjun Saluopa di Sulawesi Tengah Yang Indahnya Memukau